Kamis, 02 Juni 2011

Gubernur Bali Ingatkan Pengusaha agar Sadar Lingkungan

Posted by enji 21.22, under | No comments

TABANAN: Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengharapkan agar para pengusaha di daerahnya tidak hanya mengeruk keuntungan ekonomis semata, melainkan juga berpartisipasi memelihara lingkungan Pulau Dewata.

"Jangan hanya uangnya saja yang dikeruk dan dibawa ke luar. Mari kita semua ikut memelihara alam Bali," katanya pada acara penanaman bibit bambu dan cempaka kuning di Padukuhan Bangsing, Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Minggu (1/5).

Melalui kegiatan penanaman pohon serangkaian memperingati Hari Bumi, 22 April, Gubernur Pastika ingin mengajak semua komponen masyarakat daerah ini untuk meningkatkan kepedulian terhadap ibu pertiwi.

"Ibu pertiwi telah memberikan kehidupan bagi kita semua. Mari kita lestarikan dengan memelihara airnya serta menjaga flora dan faunanya. Jika kita seenaknya mengeksploitasi alam ini dengan mengeruk kekayaan dan menyedot airnya secara semena-mena, tentu ibu pertiwi akan marah," ujarnya.

Wujud kepedulian terhadap ibu pertiwi dan lingkungan, kata Gubernur Pastika, dapat ditunjukkan mulai dengan perilaku sederhana seperti penanaman pohon.

Diingatkan agar tidak berhenti pada penanaman, namun haruslah dilanjutkan hingga pemeliharaannya. Minimal setengah dari jumlah pohon yang ditanam saat ini dapat hidup terpelihara hingga tumbuh besar.

Menjaga alam Bali juga dapat ditunjukkan melalui komitmen pengusaha swalayan untuk tidak menyediakan kantong plastik lagi dalam setiap transaksi belanja yang dilakukan.

Ia mengatakan, sebaiknya mereka pemilik "department store" dan swalayan agar menyediakan kardus atau barang lainnya yang mudah hancur untuk menggantikan kantong plastik pembungkus karena butuh waktu 500 tahun agar plastik dapat menyatu dengan tanah.

"Jika semua swalayan tidak lagi menyiapkan kantong plastik dan bisa mengolahnya, harapan tahun 2013 Bali bebas sampah plastik tentu dapat terwujud," jelasnya.

Gubernur Pastika dalam kesempatan itu juga mengajak segenap rakyatnya tidak lagi mengandalkan kantong plastik setiap berbelanja. "Jangan tangan kosong, bawa tas atau keranjang dari rumah saat berbelanja ke toko, pasar, dan swalayan. Memelihara alam Bali menjadi tanggung jawab kita bersama," ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali AA Alit Sastrawan mengatakan, pada kegiatan penghijauan tersebut sengaja menanam bibit bambu dan cempaka kuning sesuai permintaan masyarakat setempat. Dua jenis tanaman itu dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari masyarakat dan mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan jenis tanaman penghijauan lainnya. "Pohon ini dapat membantu menjaga ketersediaan air tanah, sekaligus membawa kesejahteraan bagi masyarakat," ujarnya.

Kegiatan itu, kata Sastrawan, sekaligus juga digunakan untuk mensosialisasikan bahaya pencemaran sampah plastik pada anak-anak. Jika anak-anak sejak dini sudah diajak mencintai lingkungan, ia berharap Bali menjadi kian bersih dan nyaman.

Dalam kegiatan penghijauan itu ditanam 2.000 bibit bambu dan 400 bibit cempaka kuning yang merupakan sumbangsih PT Karya Tangan Indah dan Circle K. (Ant/OL-2)






http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/02/222538/290/101/Gubernur-Bali-Ingatkan-Pengusaha-agar-Sadar-Lingkunga

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Tags

asmaul husna

musiq kuh

Blog Archive

cuap


ShoutMix chat widget